Tujuan

TUJUAN PGSD UNSRI
Tujuan Pendidikan S1 PGSD FKIP Unsri yakni:
Menghasilkan lulusan yang siap menjadi pendidik di sekolah dasar yang memiliki kompetinsi:(1) pedagogic, (2) kepribadian, (3) sosial, dan (4) professional.
Menghasilkan lulusan yang dapat menerapkan dan mengembangkan ipteks pada pendidikan sekolah dasar yang berorientasi pada terwujudnya manusia dan masyarakat madani Indonesia.

SASARAN PGSD
Guna mencapai tujuan tersebut, S1 PGSD Unsri menetapkan sasaran sebagai berikut.
Lulusan memiliki kompetensi sebagai guru kelas di sekolah dasar.
Tanggap dalam merespon dalam perkembangan iptek untuk menghasilkan model-model pembelajaran yang inovatif di PGSD dan pada tingkat sekolah dasar.
Meningkatkan hubungan dalam stakeholders dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan di sekolah dasar.

STRATEGI PENCAPAIAN VISI, MISI, DAN TUJUAN PGSD
Strategi yang digunakan untuk mencapai visi, misi dan tujuan PGSD Unsri adalah sebagai berikut.
Meningkatkan kualifikasi dosen dari S1 ke S2, dari S2 ke S3 ke-SD-an, dan mengadakan pelatihan penambahan atau peningkatan kompetensi bagi dosen yang latar kualifikasi pendidikan belum sesuai dengan mata kuliah yang diampu.
Meningkatkan kualitas dan kompetensi tenaga administrasi, laboratorium, perpustakaan atau mengadakan rekrutmen pegawai baru.
Memuktahirkan kurikulum yang sedang berlaku.
Melengkapi/meningkatkan sarana/prasarana yang sudah dimiliki untuk menunjang ketercapaian visi dan tujuan pendidikan.
Melakukan seleksi ketat terhadap calon mahasiswa agar terjaring masukan yang benar-benar berminat menjadi mahasiswa PGSD dan menjadi guru SD.

UU Nomor 20 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen telah meningkatkan anomo lulusan sekolah menengah atas terhadap PS S1 PGSD FKIP Universitas Sriwijaya. PP Nomor74 Tahun 2009 tentang Guru yang mengisyaratkan guru Sekolah Dasar harus berkualifikasi S1/DIV dan memiliki sertifikat guru profesional berimplikasi terhadap profesianalisasi guru di Sumatera Selatan tempat Universitas Sriwijaya berada. Implikasi terpenting adalah perlunya peningkatan kualifikasi guru SD setara S1/DIV dan pengadaan guru baru melalui pendidikan prajabatan S1 PGSD, PS S1 PGSD sangat diharapkan mampu menghasilkan guru SD berkualifikasi S1 melalui progam pendidikan prajabatan dan dalam jabatan setidak-tidaknya untuk memenihi kebutuhan guru sekolah dasar di Sumatera Selatan.

Perkembangan IPTEK yang sangat cepat dikhawatirkan akan membuat visi misi PS tidak sesuai dengan kemajuan zaman. Visi, misi yang direncanakan untuk jangka waktu tertentu kemungkinan tidak relevan lagi pada kurun waktu tersebut.

0 komentar:

Poskan Komentar