Sejarah

Sejarah berdirinya fakultas ini dimulai dengan didirikannya kursus B-1 Bahasa Inggris Negeri Palembang pada tanggal 1 Oktober 1958. Pada tanggal 7 Juli 1960 Panitia Persiapan Pendirian FKIP Palembang (Swasta) dibentuk dengan Ketua R.A. Rani (Kepala Perwakilan Departemen PPK Sumatera Selatan). Pada tanggal 13 Juni 1961 FKIP Swasta yang berhasil terbentuk oleh panitia ini dinegerikan oleh menteri PTIP dengan SK Nomor 6/1961 dan digabungkan ke dalam Universitas Sriwijaya menjadi FKIP Unsri dengan tiga jurusan, yaitu Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia serta Ekonomi dan Hukum.

Jurusan Bahasa Inggris merupakan hasil pengintergrasian Kursus B-1 Bahasa Inggris Negeri Palembang pada tanggal 5 Juli 1961. Kemudian dua Jurusan lagi, yakni Jurusan Ilmu Pendidikan dan Jurusan Pasti Alam dibuka tanggal 1 Agustus 1961.

Perkembangan selanjutnya adalah terjadinya “keluar masuknya” FKIP di lingkungan Unsri sebagai pengaruh perubahan kebijaksanaan nasional. Pada tanggal 3 Mei 1961 terbit SK Bersama Menteri PTIP dan Menteri PDK tentang penyatuan FKIP, Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP), dan Institut Pendidikan Guru(IPG). SK bersama tersebut mengatur pembentukan Institus Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) induk, yaitu: IKIP Bandung, IKIP Jakarta, IKIP Yogyakarta dan IKIP Malang.

Berdasarkan SK bersama itu FKIP Unsri menjadi bagian dari IKIP Bandung dan disebut sebagai IKIP Bandung Cabang Palembang, yang terdiri dari empat fakultas : Fakultas Keguruan sastra dan Seni(FKSS), Fakultas Keguruan Ilmu Sosial (FKIS), Fakultas Keguruan Ilmu Eksakta (FKIE) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), yang masing-masing dipimpin oleh seorang Dekan Muda. IKIP Bandung Cabang Palembang dipimpin oleh Seorang Dekan Koordiantor yang dibantu oleh Pembantu Dekan I, Pembantu Dekan II, dan Pembantu Dekan III.

Tanggal 1 April 1966 IKIP Bandung Cabang Palembang diambil alih oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa (KAMI) yang selanjutnya diserahkan kembali kepada Unsri pada tanggal 8 Agustus 1966. Kepemimpinan dilakasanakan oleh caretaker, yang dipimpin oleh Drs. Usman gain, yang pada tanggal 1 September 1966 ditunjuk menjadi Dekan Koordinator. Dengan SK Dirjen Dikti, terhitung mulai tanggal 1 Januari 1969 IKIP Bandung cabang Palembang berintegrasi kembali ke dalam Unsri menjadi dua fakultas, yaitu Fakultas Keguruan(FKg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan(FIP). Akhirnya, terhitung mulai tahun akademik 1983/1984, kedua fakultas itu bergabung kembali menjadi FKIP.

Visi FKIP Unsri adalah pada dasawarsa kedua abad ke-21 merupakan lembaga yang unggul dalam pengembangan SDM, riset, informasi, dan inovasi kependidikan. Fkip Unsri memiliki visi untuk menyelenggarakan, membina, dan mengembangkan:
# pendidikan yang menghasilkan tenaga kependidikan dan tenaga ahli yang propesional serta mamapu bersaing secara global
# penelitian di bidang kependidikan dan ilmu murni yang menghasilkan informasi dan pembaharuan kependidikan
# pengabdian yang berorientasi pada perbaikan mutu pendidikan sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan masyarakat.

1 komentar:

sinyubi mengatakan...

Klik
UNSRI - PGSD UNSRI Selalu di Hati

Posting Komentar